Puluhan Rumah Warga di Kompleks TPA Puuwatu Kendari Ludes Terbakar

waktu baca 2 menit
Puluhan Rumah Warga di Kompleks TPA Puuwatu Kendari Luder Terbakar. Foto ist

KENDARI – Sebanyak 26 rumah warga di Kompleks Tempat Pemakaman Akhir (TPA) Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), ludes terbakar pada Kamis (9/6/2022) pagi.

Dalam kebakaran itu, satu buah mobil Angkutan kota (Angkot) juga ikut terbakar.

Kepala Seksi pemberdayaan masyarakat dan Pelatihan Damkar Kendari, Abriadin menjelaskan, bahwa dari informasi yang diterima kebakaran itu terjadi sekitar pukul 08.11 Wita.

Dilanjutkannya, setelah menerima laporan itu pihaknya kemudian kerahkan sebanyak 5 unit armada yang turun ke lokasi untuk memadamkan api tersebut.

“Kami tiba dilokasi kebakaran Jam 08.20 Wita, dan api berhasil kami padamkan sekitar selesai pukul 10.50 Wita,” ujarnya saat dikonfirmasi

Ia juga menyebutkan, belum mengetahui total kerugian yang dialami oleh masyarakat akibat kejadian itu. Sementara ia menafsirkan korban jiwa dalam peristiwa itu sebanyak 61 Jiwa korban dari kebakaran.

“Sebanyak 61 jiwa akibat kejadian itu, sementara untuk rumah yang ludes terbakar sebanyak 28 rumah, dan satu mobil Angkutan kota (Angkot) ikut terbakar,” bebernya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya belum mengetahui apa penyebab kebakaran akibat kejadian itu.

Sementara itu, Kapolsek Mandonga, Kompol Muhammad Salman juga menjelaskan, sumber api diduga berasal dari salah satu rumah yang ditinggal oleh penghuninya kerja ke Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

Ia juga mengungkapkan, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun warga yang mayoritas berprofesi sebagai pemulung di tempat itu kehilangan tempat tinggal.

“Semua warga yang tinggal disana selamat, namun semua bangunan rumah ludes terbakar. Karena bangunannya terbuat dari bahan papan dan kayu yang mudah terbakar,” jelasnya.

SN