KesehatanKonawe

Puluhan TKA yang Baru Tiba di Bandara Haluoleo Bakal Dikarantina

Konawe – Sebanyak 49 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang baru tiba di Bandara Haluoleo Kendari pada Minggu malam, akan menjalani masa karantina oleh manajemen PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), Senin (16/3/2020).

Pihak manajemen PT VDNI memastikan puluhan TKA yang baru tiba itu dalam kondisi sehat. Sebab mereka baru sebelum diberangkatkan ke Kota Kendari, para TKA itu telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan sesuai standar WHO di Jakarta.

“Mereka 49 orang itu tidak langsung bekerja, mereka harus menjalani karantina di pabrik selama 14 hari. Setelah itu baru bisa bekerja kembali. Selain itu, para TKA ini juga sudah mengantongi surat keterangan sehat dari karantina kesehatan pelabuhan (KKP) di Jakarta,” ujar Eksternal Affairs Manager PT VDNI Indrayanto, Senin (16/3/2020).

Advertisement

Indra menerangkan, jika setelah 14 hari menjalani masa karantina dan ditemukan cirri-ciri yang menyerupai gejala klinis virus Corona (Covid-19), maka akan segera dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi Bahtermas Sultra, untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

“Kemudian juga, mereka sudah membuat pernyataan, kalau merasa ada gejala klinis virus Corona, mereka akan langsung dipulangkan,” kata Indra.

Dia menyebutkan pihaknya telah didatangi oleh Biddokes Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sultra, untuk melakukan pengecekan kesehatan dan pengawasan tenaga kerja di PT VDNI.

“Kami (PT VDNI) sangat berterima kasih atas pengecekan kesehatan dan bersedia untuk diawasi,” pungkasnya.

Laporan. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id