Bupati Konawe Sebut PT VDNI Adalah Magnet Bagi Pencari Kerja di Sultra

waktu baca 2 menit
Unjuk rasa TKL di pintu masuk PT VDNI, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra, Jumat (27/11/2020) Foto. sultranews.co.id

KONAWE — Dalam beberapa tahun terakhir ini Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) seakan menjadi magnet bagi pendatang dari luar Konawe hingga dari luar Sultra untuk mengadu nasib.

Berbagai macam kepentingan menjadi alasan pendatang membanjiri daerah yang dipimpin Kery Saiful Konggoasa tersebut. Mulai dari untuk mencari pekerjaan di Mega Industri yang terletak di Kecamatan Morosi, hingga membuka usaha di wilayah perusahaan yang meliputi PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) dan PT OSS.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menilai fenomena pendatang memadati Konawe menjadi sebuah pola yang tidak bisa terpisahkan terjadi setiap tahunnya, kunjungan para pendatang ke Morosi tidak bisa diredam, ini karena wilayah Konawe menjadi daya tarik bagi warga luar untuk mengais rezeki.

“Sejak berdirinya PT VDNI di Morosi banyak orang yang datang ke Konawe dengan macam-macam kepentingan, mulai dari mencari pekerjaan, dan buka usaha untuk berjualan. Jadi bisa dikatakan Konawe adalah surganya para pencari kerja,” terang Bupati dua periode itu.

Capaian ini, lanjutnya, merupakan kerja keras dari Pemerintah Kabupaten dalam memikirkan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya, serta memberikan ruang kepada para investor untuk menanamkan sahamnya di Konawe.

“Apalagi tahun depan ada tiga investasi besar yang bakal masuk ke Konawe. Ada di Kecamatan Routa, Kapoiala, dan Amonggedo. Tentunya perusahaan akan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat,” tutupnya.

SN