Buton UtaraPeristiwa

Sampah Masih Jadi Permasalahan Serius di Butur

Buton Utara – Persoalan sampah hingga saat ini masih menjadi masalah yang belum tuntas teratasi di Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, Selasa (25/2/2020).

Pasalnya, beberapa tempat dijumpai masih banyak kondisi sampah yang berserakan tidak terurus.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Buton Utara (Butur), Alifuddin Zuhri, mengakui meski telah melakukan berbagai upaya, masalah sampah masih sulit teratasi.

“Kami tidak punya alat fasilitas yang memadai untuk mengatasi sampah tersebut. selain itu, kita juga masih terkendala pada mobilisasi yang terbatas dan minimnya anggaran,” ujar Alifuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/2/2020).

Alifuddin mengatakan pihaknya masih membutuhkan tambahan anggaran untuk menambah fasilitas dan armada pengangkut sampah.

“DLH ini dulu pernah punya anggaran dari 4 Miliar tapi setiap tahunya turun dan sekarang tinggal 1,6 Miliar. kami sudah siapakan 4 mobil pengangkut, tapi yang aktif beroperasi hanya 2 mobil saja, itupun dengan berbagai masalah,” ucapnya.

Kendati demikian, pihak DLH Butur memint kerja sama warga untuk memperhatikan masalaj sampah agar dikelola secara baik yaitu dengan membuang pada tempatnya.

“Kami DLH sudah mengupayakan segala hal untuk mengatasi permasalahan ini, dari bekerja sama dengan 5 Kelurahan dan dua Desa, memasang tanda larangan, dan kemarin disediakan TPS tapi dirobohkan,” kata Alifuddin.

Laporan. Shun Waode
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id