Satu Desa di Konawe Terisolir Akibat Banjir, Warga Nekat Seberangi Sungai

waktu baca 2 menit
Ketgam. Kapolsek Abuki, Ipda Adryana Yusuf bantu warga asal Desa Aleuti yang terisolir banjir seberangi sungai, Senin (13/7/2020) Foto. Sultra News

Konawe – Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus meluas hingga menyebabkan warga harus mengungsi, Senin (13/7/2020).

Bahkan beberapa Desa di Konawe terisolir akibat banjir. Salah satunya yang terjadi di wilayah Kecamatan Padangguni. Sebuah Desa bernama Aleuti, terisolir karena banjir akibat meluapnya sungai Lahumbuti.

Kapolsek Abuki, Ipda Adryana Yusuf mengatakan Desa Aleuti terisolir akibat sungai yang menghubungkan ke Desa tersebut meluap.

“Sungai itu dulunya dangkal dan dapat dilalui karena itu satu-satunya akses yang dilalui oleh warga Desa Aleuti. Namun sekarang sudah meluap, sehingga warga dari Desa tersebut terisolir akibat jalur yang mereka lalui aksesnya terputus,” ujar Yusuf kepada Sultra News, Senin (13/7/2020).

Meski dapat membahayakan jiwa, warga dari Desa Aleuti tetap memilih memberanikan diri melintas dengan menyeberangi sungai tersebut yang telah meluap.

“Tadi pagi masih ada warga yang berani lewat sungai itu, tapi kita kawal dan bantu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Yusuf.

Akibat meluapnya sungai Lahumbuti, salah satu Desa lainnya yaitu Aronggo juga menjadi terdampak banjir.

“Banjir juga sudah memasuki pemukiman warga di Desa Anggoro, tetapi belum parah. Ketinggian diperkirakan masih seukuran betis orang dewasa,” kata Yusuf.

Yusuf menerangkan, pihaknya bersama personel Polsek Abuki telah bersiaga dan melakukan pemantauan di lokasi banjir.

“Kita terus pantau banjir ini untuk menjaga kemungkinan tidak terduga terjadi. Namun kondisinya saat ini masih kategori aman,” jelas mantan Kanit Reskrim Polsek Kamaraya ini. (SN)

Baca Lainnya