Serba-serbi

Sukseskan GISA Kependudukan, Disdukcapil Konsel Launching Kader Milenial

SultraNews – Dalam rangka menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA), Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), melaunching Kader Milenial sadar administrasi kependudukan, serta Dukcapil Go Digital.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Konsel Surunudin Dangga di dampingi oleh Kadis Dukcapil Nurlita Jaya di lapangan Sepak bola Punggaluku Kecamatan Laeya Konsel, Kamis (19/12/2019).

Dalam sambutanya, Surunudin Dangga berharap, khususnya kepada Disdukcapil, Dinas Pendidikan, dan terkhusus kepada para Kepala Sekolah (Kepsek) agar senantiasa bersinergi dalam mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) sebagai upaya percepatan proses pelayanan administrasi kependudukan salah satunya dengan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Tadi saya sudah perintahkan kepala sekolah, dinas pendidikan, dukcapil untuk bersinergi secara bersama – sama dalam menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang GISA untuk mempercepat proses pelayanan administrasi kependudukan melalui kartu identitas anak ini”, jelas Surunudin.

Untuk itu, Surunudin mengharapkan agar semua masyarakat mempunyai kartu identitas seperti KIA untuk 17 Tahun kebawah dan E-KTP untuk 17 Tahun keatas. Dengan seluruh masyarakat mempunyai kartu identitas itu akan memudahkan untuk mengidentifikasi kondisi masyarakat kita, kondisi pendidikan mereka dalam rangka mempersiapkan sumberdaya kedepan.

“Saya harapkan melalui kegiatan launching kader Milenial ini, maka akan sangat membantu pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat yang belum memiliki KTP, hingga yang sudah memiliki KTP untuk segera memperbaharui,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Nurlita Jaya, juga menyampaikan pentingnya empat hal dalam program GISA yakni Kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemuktahiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

“Dalah satu program GISA yang telah di jalankan selama beberapa bulan terakhir, yang melibatkan kader milenial dari SD hingga SMA ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya kepemilikan KIA yang sampai saat ini sudah berjumlah 2.305 jiwa anak dari 103.429 anak yang wajib KIA”‘ tuturnya.

Laporan: Abdillah

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id