Sulwan Aboenawas Kukuhkan Sejumlah PTP Koltim, Berikut Daftarnya

waktu baca 4 menit
Pj Bupati Koltim Sulwan Aboenawas, saat mengukuhkan sejumlah PTP Koltim, Senin (4/4/2022) kemarin.

KOLAKA TIMUR – Pelaksana Jabatan Bupati Kolaka Timur (Koltim), Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap 12 pimpinan tinggi pratama lingkup Pemerintah Daerah Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Lantai Tiga, Senin (4/4/2022).

Dalam kegiatan pelantikan, turut hadir Ketua DPRD Kolaka Timur Suhaemi Nasir, Pj Sekretaris Daerah H. Belli, serta para staf ahli, dan para pimpinan organisasi perangkat daerah Koltim.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Koltim mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang tengah dilakukannya adalah tindak lanjut dari hasil uji kompetensi yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2022 lalu.

“Pelantikan ini telah memperoleh persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Surat Nomor 821/1581/SJ Tanggal 29 Maret 2022 Perihal Persetujuan Pengukuhan, Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur,” jelasnya,

Tak hanya dari Mendagri, persetujuan pelnatikan atau pegukuhan tersebut juga telah melalui persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor.B 374/KASN/01/2022 tanggal 27 Januari 2022.

Sulwan Aboenawas juga menerangkan, perihal rekomendasi hasil uji kompetensi dalam rangka rotasi/mutasi penjabat pimpinan tinggi(ppt)pratama dilingkungan pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

Kepala Bappeda dan Litbang Kolaka Timur Dr. Mustakim Darwis, yang turut dikukuhkan oleh Pj Bupati Koltim Sulwan Abunawas, Senin (4/4/2020) kemarin.

“Saya harap penjabat yang telah dilantik hari ini dapat menjalankan peran barunya dengan penuh tanggung jawab,serta berkontribusi maksimal dalam pembangunan kabupaten kolaka timur di segala bidang,”,imbau Sulwan.

Menurutnya, pelantikan hari ini hanya sebatas rotasi antar jabatan pimpinan tinggi pertama,sebagai upaya penyegaran instansi untuk meningkatkan motivasi kerja bapak/ibu sekalian,selain itu rotasi ini juga bertujuan menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensi yang dimiliki sebagaimana hasil uji kompetensi yang telah dilaksanakan dengan prinsip “the right man on the right job” menempatkan orang yang tepat pada jabatan yang tepat.

“Jabatan merupakan kedudukan yang menunjukan tugas,fungsi,tanggung jawab,wewenang dan hak seorang pegawai negeri sipil dalam suatu satuan organisasi.dan merupakan amanah yang diberikan oleh Alklah SWT dan olehnya itu saya berpesan pada seluruh pejabat yang dilantik hari ini, untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan yang maha esa dengan cara bekerja dengan baik,profesional dan penuh tanggung jawab,”harapnya.

Lebih lanjut, Sulwan menambahkan, bahwa dalam mewujudkan visi misi pembangunan daerah kabupaten Kolaka Timur diperlukan kerja sama antara berbagai pihak termaksud staf ahli,asisten dan kepala perangkat daerah beserta jajaranya sehingga roda pemerintahan dapat berjalan pada jalur yang benar.

“Saya juga menghimbau kepada bapak/ibu seklaian untuk menghilangkan pengkubukubuan diantara ASN dan bekerja dengan profesional “karena kita adalah satu,satu untuk Kolaka Timur,”pungkasnya.

Adapun sejumlah para pimpinan tinggi pratama lingkup Pemda Koltim yang baru saja dilantik antara lain, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP.,M.Si jabatan baru asisten perekonomian dan pembangunan sekretariat daerah. Bio Mansur, S.Pd.,M.Pd.,M Si jabatan baru Kepala Dinas Transmigarsi dan Tenaga Kerja. Ir. Muhammad Aras, M.Si jabatan baru staf ahli bidang pemerintahan hukum dan politik sekretariat daerah.

Selanjutnya ada Lasky Paemba, SP jabatan baru Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura. Maryono, S.Pd.,M.E.Pd jabatan baru Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan. Makmur Watukila, S.IP.,M.Si jabatan baru staf ahli bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan sekretariat daerah. Amiruddin, S Pd jabatan baru Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Hj. Ulfawati, S.Kep jabatan baru Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Diikuti oleh Dra. Hj. Murtini Balaka, M.Si jabatan baru Kepala Badan Kepegawaian dan Pembambangunan Sumber Daya Manusia. Drs. Abraham, M.Si jabatan baru Sekretaris DPRD. Syakhrifin, S.Sos.,M.Si jabatan baru Kepala Dinas Sosial. Dan terakhir Dr. Mustakim Darwis, S.P.,M.Si jabatan baru Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Kolaka Timur.

Laporan: Nalda Zabila