Terpusat di Konawe, Pj Gubernur Sultra Launching Penanaman Tanaman Holtikultura Serentak

waktu baca 3 menit
Pj Gubernur Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto, Pj Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, diikuti seluruh pejabat eselon dua dan tiga, melakukan penanaman tanaman holtikultura secara serentak, Sabtu (25/11/2023). Foto: Sultranews.

KONAWE, Sultranews.co.id – Pejabat Gubernur Sulawesi Tenggara Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto, S.IK, MH, menghadiri kegiatan Launching Penanaman Tanaman Holtikultura di SMKN PP 5 Konawe, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan launching penanaman tanaman holtikultura dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten se-Sulawesi Tenggara, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN). Penanaman tanaman dilaksanakan oleh seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Luar Biasa (SLB).

Diketahui, Penanaman dilakukan secara serentak pada 418 sekolah yakni SMA, SMK, dan SLB di Sultra yang melibatkan 13.562 guru dan 117.175 siswa. Total luas lahan sekolah yang digunakan mencapai 719.645 meter persegi.

Pj Gubernur Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto, saat menerima penghargaan Rekor Muri, sebagai peserta terbanyak dalam kegiatan penanaman tanaman holtikultura se Sultra. Foto: Sultranews.

Ada sekitar 2.738.485 bibit tanaman holtikultura yang di tanaman yakni cabe, tomat, bawang merah, jagung, terong dan masih banyak lagi.

Penanaman hortikultura ini juga sebagai program ketahanan pangan sekolah untuk berkontribusi untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan di Sultra.

Pj Gubernur Sultra dalam sambutannya mengatakan, penanaman holtikultura ini, adalah merupakan rangkaian peringatan Hari Guru Nasional.

“Hari para Guru dan siswa se-Sultra terlibat dalam program ketahanan pangan dengan menanam lebih dari 2,7 juta bibit sayur-sayuran. Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan, maka siswa dapat belajar dengan bebas dan merdeka,” kata Andap Budi Revianto, saat membuka kegiatan di SMKN PP 5 Konawe.

Adapun jumlah tanaman yang ditanam pada hari ini, Andap menyebutkan sayur-sayuran meliputi 1.004.269 bibit cabai, 902.788 bibit tomat, 370.000 bibit bawang, dan 461.428 bibit lainnya seperti jagung dan terong yang ditanam pada 1.089.027 wadah polybag.

Baca Juga :  Harmin Ramba Figur Potensial Dibidik PAN di Pilkada 2024

“Hasil program ketahanan pangan di sekolah nantinya akan dinikmati sendiri oleh masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah,” ujar Andap panggilan akrabnya.

Pj Gubernur Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto, Pj Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, dan para siswa berfose bersama usai menerima penghargaan Rekor Muri, sebagai peserta terbanyak dalam kegiatan penanaman tanaman holtikultura se Sultra. Foto: Sultranews.

Kegiatan penanaman ini mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Hal ini ditandai dengan penganugerahan piagam penghargaan kepada Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto atas rekor “Penggagas Penanaman Bibit Sayur Serentak oleh Peserta Terbanyak”.

“Alhamdulillah, secara mengejutkan gagasan yang dibuat ini diapresiasi oleh Muri. Semoga hal baik ini dapat menjadi legacy kita di Bumi Anoa tercinta,” ucap Andap.

Selanjutnya, Andap menjelaskan penanaman bibit di sekolah akan membantu peningkatan kualitas tanaman. Masyarakat pun memiliki akses yang mudah terhadap ketersediaan pangan tersebut.

“Lahan sekolah harus dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif. Hasil panen akan dinikmati oleh masyarakat, terutama guru dan siswa, yaitu manfaat kesehatan dan juga ekonomis,” jelas Andap.

Laporan: Jaspin