Buton Utara

Tes SKB CPNS Butur Diundur Akibat Wabah Corona

Buton Utara – Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, terpaksa ditunda, Jumat (27/3/2020).

Pemerintah Daerah (Pemda) Butur, terpaksa menunda tes SKN CPNS yabg dijadwalkan Maret 2020, akibat wabah virus Corona (Covid-19).

Penundaan pelaksanaan tes SKB CPNS tertuang ada surat keputusan nomor: B/318/ M.SM.01.00/2020 tertanggal 17 Maret 2020.

Advertisement

“Kita menunggu pengumuman keputusan ujian pelaksanaan tes SKB oleh Panselnas, karna akan diumumkan secara nasional bukan hanya di Butur yang dilakukan penundaan tapi setiap daerah yang melaksanakan tes CPNS,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Butur,  La Nita, Jumat (27/3/2020).

Kepala BKPSDM Kabupaten Butur, La Nita (Dok. Sultra News)

La Nita menyebut, sebanyak 364 peserta yang telah dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), ditunda sementara waktu untuk mengikuti tes SKB.

Rincian data peserta yang maju pada tes SKB yaitu 147 tenaga kesehatan, 145 tenaga guru dan 72 tenaga tehnis.

“Saya berharap kepada peserta yang akan mengikuti tes SKB disetiap formasi jabatan yang dilamar, harus mempersiapkan diri dengan belajar mengerjakan soal soal terkait dengan kompetensi bidang dimana mereka melamar,” terangnya.

Mantan Sekretaris Dewan Ini menjelaskan, penentuan akhir pada tes SKB nantinya akan ditentukan setelah hasilnya disetorkan ke Panselnas.

Dia memastikan tidak akan ada potensi terjadinya kecurangan terkait perhitungan hasil tes SKB.  Prosesnya ketat dan akan diakumulasi dari hasil SKD oleh Panselnas.

“Kalau ada yang coba menjanjikan kelulusan di tes SKB ini atau ada calo yang bermain maka itu tidak benar adanya karna ini semua nilai yang akan dilihat dari SKD 40 persen dan nilai SKB 60 persen dan saya berharap untuk peserta yang akan mengikuti Tes SKB harus jaga kesehatan ditengah wabah ini,” tegasnya.

Laporan: Shun Waode
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button