Tira Liambo Gantikan Gusti Ketut Pinda Sebagai Camat Wonggeduku Barat

waktu baca 3 menit
Ketgam: Sekda Konawe Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH saat mengambil Sumpah Camat Wonggeduku Barat dan Sekdis Kominfo, Jumat 1 Juli 2022.

KONAWE – Belum lama ini, Camat Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), berganti. Dimana Sebelumnya di jabat oleh Abdul Hasim, lalu digantikan oleh Gusti Ketut Pinda, pada Jumat 24 Juni 2022 lalu yang bertempat di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Gusti Ketut Pinda yang diketahui baru melaksanakan tugas selama empat hari, lantas tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatan yang baru saja ia emban. Lantas pada hari Jumat (1/7/2022) kemarin, ia resmi digantikan oleh Tira Liambo, yang sebelumnya mejabat sebagai Sekretaris Kominfo Konawe, sementara Gusti mengantikan posisi Tira Liambo di Dinas Kominfo.

Informasi yang berhasil dihimpun Sultranews.co.id, Pengunduran diri Gusti, didasari dengan pertimbangan kondisi sosial di wilayah tugas. Perbedaan kultur/ karakter budaya tersendiri, sehingga ia mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri di wilayah tugasnya.

Berdasarkan Surat Pengunduran diri dari Gusti, Pemda Konawe merespon dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Konawe Nomor: 286 Tahun 2022 tertanggal 1 Juli 2022.
Selanjutnya, dalam lampiran SK tersebut, Sekretaris Dinas Kominfo Konawe Tira Liambo, diberi amanah untuk menggantikan posisi Gusti sebagai Camat Wobar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Dr. Ferdinand Sapaan, SP, MH dalam sambutannya mengatakan bahwa meski hanya sepekan menjabat sebagai Camat Wobar, Gusti Ketut Pinda telah menunjuk kinerja yang baik. Namun karena pertimbangan sosial kemasyarakatan, yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri.

“Kepada Camat lama, saya ucapkan banyak terima kasih atas pengabdiannya meski itu sangat singkat. Semoga di tempat tugas yang baru bisa lebih baik lagi,”ucap Ferdy sapaan akrab Sekda Konawe.

Kepada Camat Wobar yang baru saja dilantik, Ferdy memberikan tanggung jawab yang lebih besar. Tira Liambo harus bekerja keras dalam menyukseskan lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang akan digelar pada 7 Juli 2022 mendatang. Di mana Desa Linonggasai Kecamatan Wonggeduku Barat menjadi wakil Kabupaten Konawe dalam lomba tersebut

Baca Juga :  Lagi, Proyek Rekon Jalan Mataiwoi-Abuki Amburadur, Aktivis Konawe Irfan Kecam Kontraktor CV Star One

“Jangan mau kalah dengan Desa Tetehaka Kecamatan Puriala (Juara Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara), Desa Linonggasai juga harus juara satu,” kata Ferdy memberikan motivasi kepada Camat yang baru saja dilantik.

Ditemui usai melantik Camat Wobar dan Sekdis Kominfo Konawe, Ferdy pun menjelaskan jika penunjukan Tira Liambo, S.Si sebagai Camat Wobar sebagai bentuk respon Bupati Konawe atas masukan dan saran dari tokoh masyarakat Wonggeduku Raya.

“Tokoh masyarakat Wonggeduku Raya menginginkan pengganti Camat Wobar yang mengundurkan diri itu berasal dari Wonggeduku Raya,” kata Ferdy saat ditemui usai melantik dan mengambil sumpah Camat Wobar, Jumat 1 Juli 2022.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Kepala BKPSDM Konawe Ilham Jaya, ST, MM, Suparjo, S.Kom Inspektur Pembantu Khusus mewakili Kepala Inspektorat, segenap pejabat lingkup Pemda Konawe, sejumlah camat dan Kades Se- Kecamatan Wonggeduku Barat.

Laporan: Jaspin