KendariPeristiwa

Tujuh Rumah di Kendari Hangus Terbakar, Diduga Akibat Arus Listrik

KENDARI – Tujuh rumah warga di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), tepatnya di Kampung Muna-muna Jalan Hambali, Kelurahan Bungkutoko, hangus terbakar yang diduga akibat arus listrik, Kamis (2/6/2022).

Kapolsek Abeli, AKP Muhammad Ady Kesuma menjelaskan, sekitar pukul 16.00 Wita, saksi mata melihat kepulan asap disertai nyala api yang berasal dari rumah salah satu korban.

Api menjalar begitu cepat karena rumah yang terbakar berbahan kayu, ditambah tiupan angin yang begitu kencang, sehingga membuat api mudah merampat dari rumah ke rumah.

Advertisement

Tak butuh waktu lama, dengan cepat api mengahguskan rumah warga setempat. Pemadam kebakaran yang tiba pada pukul 17.05 Wita berhasil memadamkan api. Tapi sayangnya rumah tersebut sudah rata dengan tanah.

“Tepat pukul 17.20 Wita, api akhirnya dapat dipadamkan,” katanya.

Menurut Kapolsek Abeli ini, pemicu kebakaran belum dapat dipastikan. Namun dari hasil pengamatan, kebakaran diduga akibat arus pendek alias korsleting listrik.

Lebih jauh ia menerangkan, akibat peristiwa ini, setidaknya tujuh rumah yang dilahap si jago merah rata dengan tanah. Sementara satu rumah lainnya, hanya bagian dapur yang mengalami kebakaran.

Adapun kerugian yang dialami masing-masing korban diperkirakan puluhan juta, karena satu barang pun tidak ada yang terselamatkan.

Sebab, ketika terjadi kebakaran, rata-rata pemilik rumah tidak sedang berada di tempat.

“Kita taksir Rp50 juta para korban mengalami kerugian. Kecuali korban yang rumahnya terbakar hanya bagian dapur,” tukasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari telah melakukan pendataan terhadap korban kebakaran sebagai bahan laporan untuk penyaluran bantuan.

SN

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id