Umat Hindu Gelar Perayaan Nyepi, Pejabat Bupati Konawe Harapkan Keberagaman

waktu baca 2 menit
Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, menghadiri upacara Melasti sebagai bagian dari rangkaian perayaan Nyepi tahun baru Saka 1946, yang di gelar di Bendung Wawotobi, Desa Anggopiu, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (8/2/2024).

KONAWE, Sultranews.co.id – Umat Hindu di Kabupaten Konawe bersama-sama merayakan upacara Melasti sebagai bagian dari rangkaian perayaan Nyepi tahun baru Saka 1946, yang di gelar di Bendung Wawotobi, Desa Anggopiu, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (8/2/2024).

Upacara Melasti di buka oleh Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, didampingi Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, ketua PHDI Provinsi Sultra Prof. Dr. Eng I Nyoman Sudiana, pimpinan OPD Konawe, Kemenag Konawe dan umat Hindu di Konawe.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Konawe mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan untuk bersama-sama merayakan Melasti. Kata dia, acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran diri umat Hindu dalam menjaga keberagaman serta keutuhan NKRI.

Selain itu, Melasti juga menjadi wadah untuk memperkokoh solidaritas sebagai perekat keberagaman di Kabupaten Konawe.

“Upacara Melasti tidak hanya memiliki makna spiritual, tetapi juga dimaknai sebagai upaya untuk mensucikan diri dan alam semesta, serta sebagai langkah awal menuju konawe yang sejahtera dan berdaya saing. Hal ini sejalan dengan tema upacara Melasti tahun ini yang menekankan pentingnya menjaga keutuhan bumi Konawe, ” kata Harmin Ramba saat sambutan.

Selain itu, Pj Bupati juga mengapresiasi kontribusi aktif umat Hindu dalam pembangunan daerah, terutama dalam sektor pertanian yang menjadi kebanggaan Kabupaten Konawe sebagai kota padi.

” Semoga di momentum Nyepi tahun ini menjadi langkah dan pijakan untuk mewujudkan cita-cita Konawe sebagai daerah yang sejahtera dan mandiri, serta menjadikan tiga wilayah Konawe sebagai pusat ekonomi andalan Konawe di masa depan,” harap Harmin Ramba.

“Upacara Melasti ini tidak hanya menjadi acara keagamaan semata, tetapi juga menjadi cermin semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun daerah menuju masa depan yang lebih baik, ” Tutupnya.

Baca Juga :  Dilakukan Bertahap, Pemdes Ranotundobu Bangun Balai Serbaguna

Umat Hindu di Kabupaten Konawe juga menjalankan ngembak geni dengan semangat baru, membuka lembaran baru dalam perjalanan kehidupan mereka.

SN