Buton UtaraEkonomi

Abu Hasan Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Bandara

Buton Utara – Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur), saat ini tengah serius menyelesaika rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara), Rabu (11/3/2020).

Rencananya lokasi Bandara tersebut akan dibangun di Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu, Butur.

Menindaklanjuti rencana itu, Bupati Butur, Abu Hasan, melakukan peninjauan lokasi pembangunan Bandara untuk mencocokan dengan denah yang telah dibuat.

Advertisement

Abu Hasan mengatakan pihaknya telah berkoordinsi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Butur, untuk memastikan tidak afa status kepemilikan lahan yang bermasalah.

“Sebenarnya ada beberapa lokasi yang diusulkan dan bisa dijadikan bandar udara, tetapi yang paling cocok dan terbaik untuk kita bangun Bandara itu di Lantagi ini,” ujar Abu Hasan saat meninjaj lokasi pembagunan Bandara, Rabu (11/3/2020).

Untuk lokasi rencana pembangunan Bandara, Abu Hasan menyebut membutuhkan lahan seluas 54,91 Hektar (Ha).

“Kalau Bandara ini sudah jadi kita bangun, maka semua jalanan kita akan aspal dan perluas. lingkungan kita akan tata dari destinasi wisatanya jadi semua tugas Dinas masuk dari Dinas PU, Pariwisata, Pertanian, Perikanan, ini berkahnya kalau ada program strategi Nasional dan kita dukung,” katanya.

Dia berharap dalam rencana itu meminta dukungan dari berbagai pihak agar dapat terealisasi dan untuk kemajuan daerah Butur.

“Kita akan rencanakan betul secara sempurna ini bandara bukan hanya terkait dari sisi transportasi tapi dari sisi sosial ekonomi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, jadi saya akan kawal dari awal pembangunan bandara ini agar tidak terjadi hal hal yang merugikan masyarakat,” ucapnya.

Terkait alasan pembangunan Bandara baru dilaksanakan saat ini, Abu Hasan mengaku terlebih dulu memprioritaskan terhadap peningkatan basis ekonomi dari berbagai sektor.

“Olehnya itu saya berharap kepada masyarakat, toko adat toko agama mari sama sama kita persiapkan pembangunan bandara ini, karna bandara ini bukan merupakan kepentingan dari Bupati maupun Pemerintah tetapi ini merupakan kepentingan kita semua dan untuk kepentingan anak anak kita mendantang,” jelas Abu Hasan.

Laporan. Shun Waode
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id