Blangko Menjadi Kendala Utama Pembuatan KTP di Konawe

waktu baca 1 menit
Sekretaris Dinas, Iska Yanti

KONAWE – Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Konawe mengalami kendala. Pasalnya, ketersediaan Blangko KTP di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provini Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini telah habis sehingga masyarakat terpaksa menunggu.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Konawe, Dema Banda melalui Sekretaris Dinas, Iska Yanti mengatakan, pihaknya telah melakukan permintaan ke Provinsi namun sampai saat ini permintaan mereka belum juga di penuhi.

Kata Iska Yanti, walau belum terpenuhi pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi ketersediaan blanko KTP, karena saat ini masyarakat yang banyak yang mendaftar untuk membuat KTP.

“Saat ini, perekaman membludak, karena banyak adik-adik kita yang tamat SMA jadi mereka sudah diwajibkan memiliki KTP,” Bebernya.

Ia juga menerangkan, stok Blangko di provinsi sangat terbatas, sehingga pihaknya terpaksa melakukan pengusulan Blangko KTP langsung ke Pemerintah Pusat.

“Pembagian blangko dari pusat itu merata, sebelumnya kami sudah mengajukan 10000 buah, namun yang di kasih cuma 2000 dan itu tidak cukup,” Tutur Iska, Kamis (11/5/2023).

Lanjut Iska Yanti, walau terkendala dengan ketersediaan blanko KTP, namun pihaknya tetap melakukan perekaman KTP.

“Walau terkendala dengan Blangko, kami masih melakukan perekaman KTP,” Pungkasnya.

SN