Kolaka TimurPemerintahan

Buka Musrenbang Kecamatan, Bupati Koltim: Mari Bangun Koltim Lebih Baik Kedepan

KOLAKA TIMUR – Pemerintah daerah kabupaten Kolaka Timur menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan Aere, yang merupakan musrenbang pertama tingkat kecamatan tahun 2022, untuk perencanaan pembangunan tahun 2023, Senin (14/2/22)

Pelaksana Jabatan (Pj) Bupati Kolaka Timur Sulwan Abunawas dalam sambutannya mengatakan tahapan musrenbang merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah, sekaligus proses perencanaan pembangunan aspiratif, yang dimulai dari bawah yang diharapkan dapat menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan kabupaten kolaka timur dan kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Koltim berharap seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir, untuk dapat memberikan sumbangan pemikiran, sehingga dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang sejalan dengan arah kebijakan pembangunan daerah.

Advertisement

Disamping itu menurut Sulwan yang terpenting adalah, adanya sinkronisasi dan sinergitas, antar program pembangunan, yang kemudian diharapkan akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah, serta menjawab permasalahan dan kebutuhan mendesak masyarakat.

Sesuai dengan visi dan misi daerah kita tahun 2021-2026, yaitu sejahtera bersama masyarakat kolaka timur yang agamis, maju mandiri dan berkeadilan.

Masih kata Sulwan, dalam masa pandemi covid 19, permasalahan dan tantangan pembangunan semakin besar, sementara dilain pihak sumber daya pembangunan, khususnya pembiayaan pembangunan yang jumlahnya terbatas, sehingga diperlukan adanya penajaman program pembangunan, agar lebih fokus kepada kebutuhan mendesak masyarakat kita.

Sedikitnya ada 3 Program/kegiatan strategis yang mendesak di kolaka timur antara lain, yang pertama Pembangunan infrastruktur perkotaan yang berkualitas, jembatan dan irigasi. Kedua perdesaan dan seperti jalan, Produktifitas pertanian, perkebunan, penguata umkm, ketiga Pendidikan, kesehatan, dan pengembangan potensi pariwisata

Menurut Sulwan Abunawas untuk mewujudkan agenda pembangunan tersebut, maka ditetapkan tema pembangunan tahun 2023 yaitu: ” Pembangunan infrastruktur dasar, serta pemulihan ekonomi masa pandemi covid 19″.

Dia berharap tema tersebut menjadi roh bagi perencanaan pembagunan di tahun 2023.
dengan memperhatikan isu-isu strategis dalam rancangan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

Berikut prioritas pembangunan tahun 2023
1. Percepatan pembangunan infrastruktur dasar yang berkelanjutan.
2. Pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemisikinan.
3. Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan umkm.
4. pelestarian lingkungan hidup, dan pengembangan seni budaya lokal, serta menumbuhkan prestasi dibidang olah raga dan kesenian.
5. tata kelola pemerintahan yang baik.

Diharapkannya dengan dasar isu strategis RPJMD dan prioritas pembangunan tersebut, maka prioritas rencana kerja pemerintah daerah kolaka timur tahun 2023 akan diarahkan pada peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan berupa pembangunan rumah sakit umum daerah dan pemberian jaminan kesehatan kartu sehat daerah (ksd)

Percepatan pembangunan infrastruktur dasar jalan kabupaten dimana ruas jalan kabupaten setiap tahun di setiap kecamatan sudah kita mulai, dengan beberapa titik strategis sesuai kemampuan keuangan daerah kita.
untuk pengembangan jalan propinsi sudah kita selesaikan dari arah rate-rate hingga ke ladongi, selanjutnya akan terus kita perjuangkan, melalui penganggaran abpd propinsi sedangkan jalan nasional dari arah tumbudadio sampai ke lalingato sepanjang 16 kilometer, tahun ini sudah dianggarkan perencanaanya melalui dinas pekerjaan umum sebagai syarat pekerjaan fisik jalan nasional tersebut.

Terakhir Pemberian stimulan bagi infrastruktur desa/kelurahan sesuai kemampuan keuangan daerah yang semuanya bermuara pada pencapaian cita-cita mewujudkan kolaka timur yang sejahtera.

Laporan: Jaspin

Editor: Iin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id