Dapat Bantuan Bangunan Melalui DAK, Kepsek SDN 1 Walay Ucapkan Terimakasih

waktu baca 2 menit
Kepala Sekolah (KS) SDN 1 Walay Justina, S.Pd, M.Pd

KONAWE – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun anggaran 2023.

Dana yang dialokasikan adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada Daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kab.Konawe, beberapa sekolah SD, SMP dan PAUD di Kab.Konawe mendapatkan dana tersebut, salah satunya SDN 1 Walay yang terletak di Desa Epea, Kec.Abuki, Kab.Konawe.

Saat ditemui Kepala Sekolah (KS) SDN 1 Walay Justina, S.Pd, M.Pd menjelaskan Anggaran DAK Fisik tahun 2023 itu di gunakan untuk merehap tiga ruangan kelas belajar, ruangan guru, perpustakaan, LAB Komputer dan Jamban. Pengerjaannya sudah mulai rampung dan masuk tahap finishing yakni pengecetan dan pemasangan plapon luar.

“Kita targetkan pertengahan bulan semua sudah rampung, tinggal menunggu tim pemeriksa,” ungkapnya, Rabu (13/12/2023).

Justina menjelaskan DAK Fisik tahun 2023 ini sangat membantu Kepala Sekolah untuk lebih bisa berinovasi utamanya dalam hal pembangunan, pihak sekolah bisa menata dengan baik dimana lokasi bangunan yang tepat, menata ruangan sehingga siswa siswi nyaman dalam mengikuti proses belajar.

“Sebelum ada ini bangunan baru untuk LAB Komputer kalau asesmen kita nebeng di SMP terdekat, sekarang kita sudah bisa melaksanakan asesemen di sekokah sendiri, sebagai pimpinan kita juga akan berupaya untuk membuat sekolah lebih terlihat asri dengan melengkapi pasilitas sesuai kebutuhan siswa sekaligus membuat kegiatan untuk siswa,” ujarnya.

Justina menambhakan setelah pengerjaan bangunan rampung, pihaknya bakal kembali menata sisa lokasi sekolah yang ada untuk mendirikan lapangan voly putra putri, lapangan bola mini dan lapangan takraw.