Ekspose 100 Hari Kerja Pejabat Bupati Konawe, Harmin Ramba Paparkan Empat Pilar

waktu baca 5 menit

KONAWE, Sultranews.co.id –Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kegiatan ekspose capaian kinerja Penjabat (Pj) Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M dalam 100 hari kepemimpinannya di salah satu hotel di Unaaha, Rabu (27/12/2023).

Kegiatan ekspos kinerja pembangunan daerah oleh PJ Bupati Konawe bertajuk “Wujudkan Kabupaten Konawe Maju, Mandiri Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045”.

Turut hadir dalam kegaitan tersebut yakni, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, Pabung Konawe, Ketua KPU Konawe, Sekda Konawe, Kepala Bappeda Provinsi, Forkopimda, Kepala OPD, Pemerintah desa, Praktisi, LSM, Akademisi, hingga para ASN.

Dalam Ekspo Kinerja PJ Bupati Konawe, ada beberapa yang dipaparkan diantaranya adalah upaya pengendalian inflasi.

PJ Bupati Konawe melakukan sidak kepasar-pasar serta melakukan pemantauan harga dan stok pangan pada tingkat produsen.

PJ Bupati Konawe juga terus memantau dan mengikuti perkembangan inflasi daerah melalui rapat koordinasi dengan tim penanggulangan inflasi daerah (TPID) bersama pemerintah pusat.

Selain itu, upaya pemerintah daerah dalam mengurangi kemiskinan ekstrim akibat kemarau panjang kerena dampak El-nino dan upaya- upaya yang dilakukan PJ Bupati Konawe angka inflasi turun manjadi 28,2 persen 2023.

Upaya PJ Bupati Konawe menghadapai El-Nino mengeluarkan kebijakan mitigasi pemanggilan bencana dalam tanggap darurat bencana kekeringan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan PJ Bupati Konawe telah berkoordinasi dengan balai wilayah IV untuk membuka aliran air guna dapat mengairi persawahan di wilayah Konawe.

Hal ini tidak nenyebabkan masyarakat Konawe mengalami kekeringan atau gagal panen.

Selain itu dalam pemenuhan air bersih pada masyarakat yang mengalami kekeringan, PJ Bupati Konawe telah menginstruksikan penyediaan air bersih melalui badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe serta membangun sumur bor untuk menyediakan air bersih pada wilayah yang mengalami kekeringan.

Baca Juga :  Harmin Ramba Ziarah Makam Raja Lakidende, Sebagai Bentuk Penghormatan Warisan Budaya Konawe

Sedangkan, dalam rangka percepatan kemudahan berinvestasi, PJ Bupati Konawe juga telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait standar operasional pelayanan (SOP) serta meningkatkan sarana dan prasaran pada Mall Pelayanan Publik sehingga masyarakat lebih antusias dan lebih mudah memperoleh perizinan.

Kabupaten Konawe juga mendapatkan penghargaan dari komisi pemberantasan Korupsi sebagai desa percontohan anti korupsi Desa ahuawatu, Kecamatan Pondidaha dibawah kepemimpinan PJ Bupati Konawe, Pemda kabupaten Konawe meraih Penghargaan Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tahun 2023 dari Dirjen Perbendaharaan.

Sementara itu, dari sisi layanan kesehatan Kabupaten Konawe bisa mempertahankankan predikat Paripurna serta membawa BLUD RS konawe menjadi rumah sakit pengampuh KJSU rumah sakit rujukan untuk kanker, jantung, stroke, dan aruneforollogi di tahun 2024 .

Dibawah kepemimpinan PJ Bupati Konawe, Pemerintah Kabupaten Konawe telah menganggarkan bantuan sosial baik itu berupa hibah barang dan uang kepada masyarakat guna membantu dalam peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Konawe.

Guna membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Konawe, hal ini juga telah membuat turunya angka indeks kemiskinan dari 2,86 persen menjadi 2,35 persen tahun 2023.

Serta penurunan indeks keparahan kemiskinan ekstrim dari 0,85 persen menjadi 0,60 persen di tahun 2023.

Penurunan angka prevelensi stunting diangka 4,99 persen program ini telah memberikan dampak terhadap turunnya tingkat prevelensi stunting dikabupaten Konawe diangka 4,9 persen dibulan November 2023.

PJ Bupati Konawe juga terus mengarahkan Kepada Aparatur Sipil Negara Se-Kabupaten Konawe untuk bersikap netral.

PJ Bupati Konawe juga telah menyelesaikan beberapa sengketa lahan diantaranya Polemik ganti Rugi tanaman tumbuh Antara warga Routa dan PT SCM, Konflik lahan Tawamelewe di Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe dan penyelesaian Ganti Rugi Tanaman Tumbuh di Bendungan Ameroro.

Baca Juga :  Buka Porseni Disemarak HUT Konawe, Harmin Ramba: Atmosfirnya Kegembiraan dan Silaturahmi

Dari capaian kinerja selama 100 hari PJ Bupati Konawe Harmin Ramba memiliki impian besar menjadikan Konawe sebagai daerah kota mandiri.

Dengan melakukan pemerataan dan pembangunan di Kabupaten Konawe antara lain:

1. Pembukaan dan pembangunan jalan poros latoma routa
2. Merancang Blueprint pembangunan jangka panjang kabupaten Konawe menjadi Kabupaten yang mandiri dan berdaya saing sehingga menjadi agrowisata dan industri atau kota padi
3. Mendorong penyelesaian permasalahan agraris untuk memberi kepastian hukum bagi masyarakat dan investor .
4. Melakukan privatisasi badan usaha milik Daerah berorentasi pada pertanian dan industri pertambangan.

Dalam kesempatan itu, PJ Bupati Konawe dalam sambutannya menyebut ada empat pilar Konawe menuju Kota Mandiri yakni Pertanian, Industri, Pariwisata dan Kalosara.

“Keempat pilar yakni Pertanian Konawe merupakan derah lumbung pangan Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Sedangkan, untuk industrialisasi Kata Harmin Ramba Kabupaten Konawe juga memiliki dua kawasan industri yang menjadi modal yang harus dimaksimalkan keberadaannya.

“Untuk Pariwisata, Kabupaten Konawe juga dianugerahi oleh keindahan alam serta daya tarik tersendiri yang masih belum banyak dimanfaatkan dan dikembangkan,” ujarnya.

Berikutnya, Lanjut Harmin Ramba yakni Kalosara dimana Kabupaten Konawe sebagai pusat kebudayaan Tolaki yang memiliki nilai- nilai budaya yang luhur dan mampu menjadi inspirasi bagi masyarakat.

Menurut Kepala Kesbangpol Sutra ini, Kabupaten Konawe menjadi Kota Mandiri, kota yang mampu menopang kebutuhannya dengan mengoptimalkan kemampuan sumber daya yang dimiliki.

Kepala Kesbangpol Sutra ini juga membeberkan beberapa program unggulan dalam mendukung kemandirian kabupaten Konawe ditahun 2045 diantaranya peningkatan akses routa – latoma, pengembangan kawasan Routa, Hirilisasi produk pertanian, Hirilisasi produk perkebunan minyak goreng, Hirilisasi produk pertambangan Baja, penataan kota Unahaa, penguatan kabupaten Konawe sebagai lumbung pangan nasional,pengembangan pariwisata dalam agrowisata, pengembangan kawasan industri morosi, perbaikan infrastruktur daerah.

Baca Juga :  Empat SKPD Bentukan Pemda Konawe Segera Dibahas Diparlemen

“Untuk menjadikan kemandiriaj kabupaten Konawe makna dan tujuan maka dibuatlah City branding Konawe Kota Padi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, selain visi Konawe yang majumaju, Mandiri dan berkelanjutan. Tentunya juga memiliki misi.

“Misinya adalah mewujudkan SDM yang berkualitas, mewujudkan perekonomian yang Inklusif dan berkelanjutan, mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang dinamis, meningkatkan ketahanan sosiap budaya dan ekologi,” pungkasnya.

SN