Jalani Karantina Mandiri, Warga Butur Dapat Bantuan Pangan Dari Pemda

waktu baca 2 menit
Foto: Penyaluran bantuan pada warga yang sedang menjalani karantina Mandiri di Butur, Rabu(15/4/2020)

Buton Utara – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra) melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan pangan kepada warga yang menjalani karantina mandiri di rumah, Rabu(15/4/2020).

Karantina ini dilakukan kepada warga yang baru pulang dari daerah zona merah Covid-19, sehingga harus berdiam dirumah

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Butur, Alman, mengatakan pola pembagian bantuan kepada warga yang sedang karantina ini, ada dua macam.

“Jika yang menjalani karantina bukan kepala keluarga, maka bantuan pangan diberikan hanya yang bersangkutan saja dengan paket beras per orang. Kalau yang dikarantina adalah kepala keluarga, maka bantuannya menyasar seluruh anggota keluarga. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako” jelasnya.

Lanjut Alman, “Logikanya ketika kepala keluarganya yang melakukan karantina, maka dia ini sudah tidak bisa mencari nafkah untuk keluarganya dalam waktu yang ditentukan”

“Untuk pembagian bantuan ini dilakukan secara bertahap. Besok kita akan turun dalam kota (Kecamatan Kulisusu), karena ada beberapa warga yang melakukan karantina mandiri dirumah” ujarnya.

Alman juga mengatakan, agar bantuan ini tepat sasaran, pihaknya terus memperbarui data pemudik dari zona merah atau calon penerima bantuan bersama Satgas, desa dan kelurahan.

Pembagian bantuan pangan kali ini, tersalur beras 59 paket dengan perhitungan satu paket 5,6 Kg. Totalnya 330,4 Kg. Kemudian paket sembako sebanyak 14 paket.

Pembagian sembako dilakukan di delapan desa dan kelurahan Diantaranya,  Desa Lelamo, Labelete, Waode Buri, Ulunambo dan Eerinere Kecamatan Kulisusu Utara. Kemudian, lanjut ke Desa Linsowu, Rombo dan Kelurahan Bone Lipu.(C)

Laporan: Shun Waode