Kolaka TimurPolitik

KPUD Koltim Siapkan Lima Panelis Akademisi Saat Debat Calon Bupati

Kolaka Timur – Menjelang digelarnya Debat Publik Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Calon Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) 2020, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Koltim bakal rangkaikan 5 orang panelis yang akan menyusun materi saat debat berlangsung.

Ketua KPUD Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias, menuturkan kelima panelis yang digandeng tersebut seluruhnya berlatar belakang akademisi.

“Menurut ketentuan, panelis sebenarnya boleh dari kalangan profesional, akademisi, maupun tokoh. Namun, untuk sebuah pandangan atau bicara tentang afilidasi, netralitas, dan implementasi, itu lebih ke akademisi,” tuturnya.

Dijelaskannya lagi, alasan KPUD Koltim tidak menyertakan kalangan profesional dan tokoh sebagai panelis, karena masih mempunyai pertimbangan khusus.

“Kalau pengusaha, jangan-jangan nanti afilidasinya itu meskipun tidak secara langsung, bersinggungan dengan salah satu calon. Begitu juga dengan tokoh, hari ini kan tokoh jadi rebutan para kontestan, jadi teman-teman akademisinya yang kita pilih,” jelasnya.

Disebutnya, bahwa sampai saat ini, KPUD Koltim masih merahasiakan kelima panelis tersebut.

“Untuk saat ini masih kita rahasiakan demi keamanan bersama, dalam artian jangan sampai kita menyebutkan wilayahnya atau personalnya, bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada pihak yang merapat untuk meminta bocoran atau yang lainnya,” tegasnya.

Di tambahkannya, Debat Kandidat Cabup dan Cawabup Koltim adalah penyampaian gambaran umum visi, misi, dan program. Serta penajaman dari spesifikasi beberapa bidang.

” Artinya untuk lebih fokus dengan disertai solusi,” pungkasnya.

Seperti di ketahui, Debat Kandidat 16 November 2020 sendiri, diikuti oleh 2 Paslon, yakni No. Urut 1 (Tony Herbiansah-Baharuddin) dan No. Urut 2 (Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur).

Laporan : Muhammad Alpriyasin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id