KendariSerba-serbi

Media Sultra News Utus 5 Reporter Berkompetisi di UKW PWI Sultra

Kendari – Organisasi Profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra), akan menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

UKW itu akan digelar setelah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) pada Februari 2021 dan diperkirakan akan berlangsung selama 2 hari.

Pada pelaksanaan UKW tahun ini, media online sultranews.co.id mengutus 5 reporter untuk mendaftar Pada pelaksanaan UKW tahun ini.

Pemimpin Redaksi (Pempred) sultranews.co.id Wayan Sukanta mengatakan, 5 reporter yang didaftarkan pada UKW PWI Sultra 2021 terdiri beberapa kategori yaitu 2 wartawan Madya dan 3 muda.

“Ini merupakan sebagai bentuk komitmen kami bahwa untuk memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional harus berkompoten pada bidangnya yaitu dengan mengikuti UKW,” kata Wayan, Jumat (15/1/2021).

Wayan menyebut, menjadi seorang wartawan harus memiliki ukuran dan memahami tugas serta kode etik jurnalistik. Sebab, menurutnya wartawan tidak hanya sekedar bermodalkan ID Card perusahaan, tapi harus memiliki kemampuan yang mumpuni.

“UKW ini bertujuan untuk menciptakan reporter yang unggul dan profesional dalam kegiatan jurnalistik. Wartawan itu harus punya ukuran dalam bidang ini, olehnya itu wartawan akan diuji kemampuannya soal pengetahuan jurnalistik melalui UKW ini,” jelasnya.

Sementara itu, panitia pendaftaran UKW PWI Sultra, Gugus Suryaman menjelaskan, kuota tahun peserta kategori Muda dan Madya ini terbatas jumlahnya.

“Kuota untuk kategori wartawan Muda yang diterima tahun ini hanya 18 untuk 3 kelas. Sedangkan untuk kategori Madya yang diterima sebanyak 30 peserta,” jelasnya.

Gugus menyebutkan jumlah calon peserta yang telah mendaftar pada UKW PWI Sultra tahun ini sebanyak 106 terdiri dari 3 kategori.

“Untuk kategori Muda yang sudah daftar 55, Madya 41 dan Utama 10 peserta. Khusus untuk Utama yang mau diterima hanya 3 orang,” ungkapnya. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id