KonaweNewsPemerintahan

Pilkades Serentak di Konawe Bakal Digelar Bulan Ini, Berikut Jumlahnya

KONAWE — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak akan dilaksanakan pada 31 Desember 2022. Pilkades kali ini akan diikuti oleh 468 calon dari 168 desa di 27 kecamatan se Kabupaten Konawe.

Saat dilakukan deklarasi Damai dan Penandatanganan Integritas Pilkades yang akan digelar secara serentak, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengatakan akan melantik Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pilkades Setentak 31 Oktober 2022 nanti di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa di Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe.

Iya juga menegaskan, alasan dirinya melantik kepala desa yang terpilih pada Pilkades serentak yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan semata-mata untuk memberikan bekal karena kepala desa mempunyai tanggungjawab dan banyak kewajiban yang harus dilaksanakan.

Advertisement

“Jadi bukan hanya uang Dana Desa dia mau urus itu Pak Desa, banyak hal. Olehnya itu Kades yang terpilih harus memiliki kemampuan untuk mengemban amanah itu,” jelas pria yang akrab disapa KSK.

Mengenai pelantikan yang akan dilakukan di SPN Anggotoa, tak lain adalah untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap Kades yang akan memimpin di Desanya masing-masing selama enam tahun ke depannya.

Dirinya juga berharap, Kades yang terpilih nantinya dapat terlatih untuk mengelola dana desa dengan baik. Selain itu, KSK mengajak unsur TNI – Polri bersinergi untuk melatih Kades, dan yang terpenting itu bagaimana menanamkan Nasionalis dalam diri Kepala Desa.

KSK juga mengimbau kepada para Kades untuk tetap menjunjung tinggi sportifitas dalam Pilkades serentak saat ini. Karena jangan karena Pilkades memecah belah kebersamaan para calon.

“Harus kondusif, jangan karena Pilkades semua bermusuhan. Banyak isu-isu kalau Pilkades ini banyak masyarakat saling bermusuhan, tapi saya harap itu cuma isu karena saya yakin masyarakat Konawe adalah masyarakat yang cinta damai,” tandasnya.

SN

Back to top button