Buton UtaraPemerintahan

Sambut HUT RI ke-76 Tahun, Pemda Butur Gelar Rapat Pelaksanaan Paskibraka

BUTON UTARA– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar rapat bersama Kodim 1429 Butur dan Polres Butur di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Butur, pada Jumat (2/8/2021).

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Butur, Kompol (Purn) Ahali, S.H., M.H itu guna persiapan pelaksanaan latihan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibaraka) dalam rangka upacara peringatan HUT RI ke 76 tingkat Kabupaten Butur pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Dalam rapat itu Ahali mengatakan, persiapan peringatan HUT RI ke 76 salah satu yang utama adalah pembentukan pasukan pengibaran bendera yang akan dilatih oleh rekan-rekan TNI dan POLRI.

Advertisement

Dikatakan bahwa selasa besok (3/8/2021) akan dimulai pembukaan dan pembekalan pada anggota Paskibaraka.

“jadi sudah harus dikonsolidasi,” Kata Ahali.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Butur, Drs. La Ode Abdul Mustari, yang mengatakan Paskibraka di Kabupaten Butur sudah ada.

“jadi akan diterima oleh pak Bupati besok,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 1429 Butur, Mayor Inf. Prasetya mengatakan, sebelum memulai latihan bagi Paskibraka menurutnya, terlebih dulu harus disiapkan tenaga kesehatan.

“Bukan saja ambulance, tetapi juga harus ada oksigen,”

“Yang kedua kebutuhan kalori bagi Pasukan Pengibar bendera, itu juga kalorinya harus terhitung, tidak boleh main-main” sambungnya.

Menurutnya hal itu guna mendukung proses latihan bagi pasukan pengibar bendera secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

“Artinya ada masa-masa yang kita mulai dari awal, orang yang tidak pernah latihan kita mulai dari lima hari pertama adaptasi, kemudian fisik, maupun latihan dasar,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Butur, dr. Izanuddin, M.Kes mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dispora Butur untuk persiapan vitamin bagi tim Paskibraka.

Selanjutnya, Izanuddin mengatakan agar tim Paskibaraka nantinya melakukan tes kesehatan jantung di RSUD Butur.

“nanti kepada teman teman Paskibraka yang sudah ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit”.

Lebih lanjut kata Izanuddin, untuk mendukung kegiatan ini, pihaknya akan menyiapkan mobil ambulance dan akan berkolaborasi dengan rekan-rekan Puskesmas di Butur

“Terkait juga yang satu, Rapid Antigen, karena ini penting, apa lagi di masa pandemi Covid-19 ini jangan sampai ada teman-teman dari Paskibaraka yang terkena Covid,” katanya.

Laporan : Al Iwal

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id