Kolaka TimurPolitik

Seleksi Panwascam Pilkada Koltim 2020 Berbasis Komputer

sultranews.net – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten kolaka timur (Koltim), mulai mempersiapkan tahapan pembentukan panitia pengawas kecamatan (panwascam) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020.

Adapun proses rekrutmen Panwascam dalam Pilkada tahun ini menggunakan tes tertulis dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) Socrative, dimana pelaksanaannya selama 2 hari. Dengan hari pertama 3 sesi dan sabtu esok 2 sesi yang diikuti 101 peserta .

Ketua Bawaslu Kabupaten Koltim, Rusiyati Nur Rakibe,  menyampaikan setidaknya ada beberapa tahapan yang akan dilakukan Bawaslu dalam proses rekrutmen Panwascam yang bakal bertugas di Pilkada.

Yakni mulai dengan sosialisasi, pengumuman pendaftaran, pendaftaran dan penerimaan berkas, pengumuman hasil penelitian administrasi, tes tertulis,tes wawancara, pengumuman hasil wawancara dan tahapan terakhir pelantikan.

“Kami siap dan tentu bisa lebih menjaga integritas dan obyektivitas Bawaslu Kabupaten dalam melakukan seleksi,” ujarnya

Rusiyati menambahkan, pihaknya menindaklanjuti instruksi Bawaslu RI untuk penggunaan model CAT dalam proses seleksi Panwascam tahun 2020.

“Ini mirip dengan tes CPNS, nanti setelah peserta menyelesaikan soal ujian tertulis, langsung bisa diketahui hasilnya,” jelasnya.

Laporan. Muh. Al Priyasin
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id