Simak Pesan Penting Pejabat Bupati Konawe Saat Menghadiri Utsawa Dharma Gita Ke-V di Mekar Sari

waktu baca 3 menit

KONAWE, Sultranews.co.id – Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM menghadiri kegiatan Utsawa Dharma Gita ke – V atau perlombaan nyanyian Keagamaan Hindu Tingkat Kabupaten Konawe di Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Tongauna, Minggu 14 Januari 2024.

Saat tiba di lokasi kegiatan, Harmin Ramba disambut dengan penari sebanyak 150 orang dari 16 Desa Adat di Kabupaten Konawe. Penari ini merupakan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Konawe.

Kegiatan yang mengangkat Tema ” Literasi Sastra Suci Mewujudkan SDM Hindu yang Moderat dan Kompetitif” dihadiri oleh Ketua LPDG Provinsi Sultra, Nengah Suaryo, SH, MH, Ketua PHDI Sultra, PJ Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM, Kepala Kantor Kemenag Konawe, H. Ahmad Lita Rendelangi, S.Ag, M.Pd, Kasat Binmas Polres Konawe, Pembimas Hindu Sultra I Komang Sukeyasa, SE.

Turut hadir Anggota DPRD Konawe, Kadek Rai Sudiani, I Made Asmaya, S.Pd, MM serta seluruh Kepala OPD lingkup Pemda Konawe dan tamu undangan lainnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Provinsi Sultra, Nengah Suaryo, SH, MH dalam sambutannya memuji kinerja Penjabat Bupati Konawe. Meski masih seumur jagung, Konawe di bawah kepemimpinan Harmin Ramba dinilai telah mengayomi seluruh masyarakat tanpa perbedaan.

Kepala Kemenag Konawe dalam sambutannya mengatakan Utsawa Dharma Gita sebagai wadah pembinaan yang tepat terhadap umat Hindu khususnya di Kabupaten Konawe. Sehingga ke depan dapat melahirkan generasi yang mampu membangun Literasi Sastra Suci dalam Mewujudkan SDM Hindu yang Moderat, Berintegritas dan juga Kompetitif sebagai mana tema yang diangkat dalam kegiatan ini.

Anggota DPRD Konawe Kadek Rai Sudiani dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan UDG ini sudah yang kelima kali dilaksanakan di Kabupaten Konawe. Namun, kata Kadek Rai Sudiani baru pelaksanaan kegiatan hari ini dihadiri langsung oleh pimpinan daerah dalam hal ini Penjabat Bupati Konawe.

Baca Juga :  Harmin Ramba Ziarah Makam Raja Lakidende, Sebagai Bentuk Penghormatan Warisan Budaya Konawe

“Terma kasih pak Bupati. Pak Bupati telah mengalokasikan anggaran miliaran rupiah untuk kegiatan keagamaan. Dan ini sangat spesial bagi umat beragama di Kabupaten Konawe,” kata Kadek Rai Sudiani dalam sambutannya.

Penjabat Bupati Konawe Harmin Ramba dalam sambutannya menyampaikan komitmennya dalam mengayomi seluruh umat beragama di Kabupaten Konawe. Termasuk memperhatikan pembangunan rumah ibadah.

“Setelah mendapatkan penghargaan adat Bali, ke depan saya berkomitmen akan tetap bersama dengan masyarakat Bali. Dan dari dulu saya selalu bilang tidak ada yang namanya orang Bali, yang ada orang Konawe semuanya,” kata Harmin Ramba.

Selanjutnya, Harmin Ramba menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh peserta UGD ke – V tingkat Kabupaten Konawe tahun 2024.

“Untuk suksesnya kegiatan ini, saya pesan kepada dewan Juri agar memberikan penilaian yang objektif sehingga dapat melahirkan juara yang nantinya mampu bersaing di tingkat Provinsi hingga tingkat nasional,” pesan Harmin Ramba.

Melalui kesempatan itu, Penjabat Bupati Konawe menampakkan bahwa Pemda Konawe telah mensupport anggaran ratusan juta untuk menyukseskan kegiatan UDG tingkat Kabupaten Konawe, Provinsi hingga di tingkat nasional nantinya. Termasuk support anggaran pelaksanaan kegiatan Melasti yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2024 di Bendungan Wawotobi Rahabangga Kelurahan Puunaaha.

Diketahui, pada kesempatan ini pula, dilakukan Penyerahan Penghargaan Tanda Kehormatan Adat Bali Kepada Bupati Konawe oleh lembaga Adat Bali dan Parisada Hindu Dharma Indonesia ( PHDI) Kabupaten Konawe.

SN