Antisipasi Kekurangan Pangan, Pemkab Koltim Salurkan Beras Tahap Dua

waktu baca 2 menit
Plt Bupati Koltim, saat melepas penyaluran bantuan pangan.

KOLAKA TIMUR, Sultranews.co.id – Dalam rangka antisipasi, mitigasi, dan/atau pelaksanaan penanggulangan kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga, perlu dilakukan penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan

Penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan tahap pertama telah selesai dilaksanakan, sehingga perlu dilaksanakan penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan tahap kedua agar berkesinambungan.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi kepada perum bulog atas penyelenggaraan pelepasan penyaluran bantuan beras cadangan pangan pemerintah. Penyaluran bantuan beras ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat dengan tujuan  mengurangi beban pengeluaran bagi penerima bantuan,” ucap Abdul Azis.

Untuk kelancaran penyaluran bantuan, Plt Bupati Koltim menghimbau kepada seluruh opd terkait, forkopinda, para camat, lurah dan kepala desa bersama seluruh jajarannya di tingkat bawah untuk mengambil langkah taktis agar bantuan secepat mungkin diketahui dan tiba sampai ke keluarga penerima manfaat sesuai target yang telah ditentukan.

Adapun jumlah beras yang akan disalurkan, lanjut Azis panggilan akrabnya, sebanyak 126,24 ton yang akan diserahkan secara bertahap kepada 12.624 kk yang tersebar di seluruh kecamatan kabupaten kolaka timur.

“Untuk kecamatan tirawuta, jumlah bantuan beras yang disalurkan sebesar 19,12 ton untuk 1.920 kk. Setiap kk akan menerima 10 kg beras setiap bulan selama 3 kali berturut-turut,” kata Azis.

Sementara untuk bulan ini, Azis bilang bahwa penyaluran dilaksanakan mulai hari ini tanggal 20 sampai 25 september 2023. Saya berharap bantuan beras gratis tersebut dapat membantu meredam kesulitan masyarakat terhadap lonjakan harga beras yang sampai hari ini masih tinggi.

Baca Juga :  Panji Muda Deklarasi Dukung Yudianto Mahardika di Pilwali Kota Kendari

“Saya tegaskan kepada masyarakat bahwa bantuan beras yang disalurkan melalui perum bulog ini berkualitas bagus. Hal ini telah melalui proses pengecekan kualitas beras di gudang bulog sebelumnya,” Tegasnya.

Plt Bupati Azis Kembali mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawal kegiatan penyaluran bantuan beras ini dengan sebaik-baiknya, semoga penyaluran bantuan beras melalui perum bulog kolaka dan jp logistik dapat berjalan lancar dan sesuai dengan target penyalurannya.

“Kepada opd yang terkait khususnya dinas ketahanan pangan kab. Kolaka timur untuk membantu monitoring penyaluran bantuan beras ini hingga selesai,” pintanya.

SN