Bangkit di Tengah Pandemi, Wali Kota Kendari Canangkan Kampung Lele di Tobuuha

waktu baca 2 menit
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat wisata kolam pemancingan umum di Puuwatu, Kendari, Selasa (9/2/2021) Foto. KendariKota.go.if

Kendari – Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K, SE., ME meresmikan wisata kolam pemancingan umum yang dirangkaian dengan pencanangan kampung lele serta pengukuhan POKDAKAN se Kelurahan tabuhan, di Kelurahan Tobuha Kecamatan Puuwatu, Senin (9/02/2021).

Menurut wali kota apa yang telah dilakukan dalam kegiatan ini merupakan contoh yang baik serta dapat memberi inspirasi bagi daerah lain.

“Meskipun di masa pandemi Covid-19 kita masih dapat menghadirkan sebuah inspirasi yang dapat bermanfaaat bagi orang banyak,” katanya.

Lebih lanjut wali kota mengatakan, terkait aspirasi masyarakat yang sering kali terdampak banjir, Pemerintah Kota Kendari bersama anggota DPRD akan terus memberikan perhatian.
Menutup sambutanya, wali kota menaruh harapan kepada masyarakat untuk menjaga dengan baik fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.

Dalam kegiatan ini hadir pula Lurah Tobuuha . Lurah Tobuuha mengatakan, wisata pemancingan ini sebagai sarana pemberdayaan masyarakat atas potensi alam yang dimiliki, promosi destinasi wisata sebagai alternatif pemancingan air tawar umum, serta dapat menumbuhkan sentra ekonomi baru bagi masyarakat.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, dengan membentuk kelompok pembudidaya ikan air tawar dapat mempermudah pemerintah, BUMN, pihak swasta dalam menyalurkan setiap program-program pemberdayaan baik berupa bantuan modal usaha, pemberian benih ikan maupun alat-alat yang dibutuhkan dalam pengembangan budidaya ikan air tawar.

Selain itu dia mengatakan, budidaya ikan air tawar ini merupakan salah satu potensi lingkungan pada bidang perikanan yang berada di Kelurahan Tobuha, disamping sebagai penyedia konsumsi rumah tangga, juga digunakan sebagai usaha pemancingan.

Turut hadir dalam kkegiatan ini, Anggota DPRD Kota Kendari fraksi PKS, dan Ketua Fraksi Golkar, Kadis Perikanan, Camat Puwatu, Camat Abeli, lurah sekecamatan Puuwatu, serta masyarakat setempat. (SN)