Bangun SPAM di Desa Lamondowo Konut, KSO Basman Gelontorkan Ratusan Juta Rupiah

waktu baca 2 menit
KSO Basman, saat bersama warga Desa Lamondowo, Kecamatan Andowia, Konut, mengelontorkan anggaran ratusan juta rupiah, guna pembangunan SPAM. Foto Ist

WANGGUDU – Kerjasama Operasional (KSO) Basman hadir mengatasi keluhan warga Desa Lamondowo, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menyangkut air bersih diwilayah mereka.

Keluhan warga setempat, langsung direspon KSO Basman dan tak tanggung-tanggung langsung menggelontorkan dana hingga ratusan juta untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Kepedulian dan tanggungjawab KSO Basman direalisasikan dalam aksi nyata, dalam menyelesaikan dan mengatasi polemik air bersih di Desa Lamondowo. Penyerahan dana secara tunai senilai Rp 423.750.000, dilangsungkan di masjid kompleks BTN yang dihadiri warga Desa Lamondowo dan pemerintah desa setempat, untuk dikelola secara bersama untuk kepentingan pembangunan SPAM.

“Dari awal kami sudah berkomitmen untuk mengatasi persoalan air bersih bagi masyarakat Lamondowo. Walaupun dari hasil uji laboratorium membuktikan tidak adanya pencemaran air bersih. Tapi ini atensi kami dari KSO Basman sebagai pengusaha lokal, untuk memberikan yang terbaik buat keluarga besar dan masyarakat,”ujar Humas KSO Basman, Suhardin, Jumat, (30/9/2022).

Bantuan pembangunan SPAM dari manajemen KSO Basman sudah masuk dalam agenda penting perusahaan. Namun baru ada waktu yang tepat direalisasikan oleh manajemen. “Kami menunggu momen yang tepat untuk menyerahkan bantuan ini, tanpa ada campur tangan dari pihak manapun, selain dari pemerintah dan masyarakat Lamondowo sendiri,”tambah Suhardin.

Kades Lamondowo, Muslan mengapresiasi yang tinggi atas kepedulian KSO Basman dalam membantu dan mengatasi keresahan warga dengan memberikan bantuan untuk perbaikan SPAM air bersih bagi masyarakat Lamondowo.

“Marilah kita menerima dengan ikhlas dan mempertanggung jawabkan apa yang telah diberikan oleh perusahaan. Saya tegaskan untuk persoalan air bersih sudah tuntas. Apabila dikemudian hari ada yang mengatasnamakan masyarakat Lamondowo untuk pencemaran berarti bukan kami, itu di luar dari kami,”ucapnya.

Perwakilan Pengurus SPAM Air Bersih Lamondowo, Syahrul, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap perusahaan KSO Basman yang telah menyelesaikan kewajibannya.

“Jujur saja kami dudah putus asa, karena kami sudah lakukan segala cara agar perusahaan bisa membantu. Berkat doa kepada Allah SWT selama ini. Alhamdulillah, doa kami dijabah dengan kehadiran KSO Basman membawa bantuan dana pembuatan SPAM air bersih secara tunai,”tandasnya.

SN