Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa Salurkan Bantuan Beras Sebanyak 225.500 kg

waktu baca 2 menit
Bupati Konawe saat menyerahkan bantuan beras kepada masyarakat.

KONAWE – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) secara simbolis menyerahkan bantuan pangan dari Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui Bulog kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di aula Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Kamis (13/4/2023).

Bantuan tersebut dalam rangka antisipasi, mitigasi pelaksanaan penanggulangan kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga.

Penyaluran bantuan ini berdasarkan Surat Kepala Badan Pangan Nasional RI Nomor: 82/TS.03.03/K/3/2023 Perihal Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan.

Hadir dalam Launching itu kepala Bulog Konawe Muh, Abdan Djarmin, Kapolsek Pondidaha, para Kepala OPD, Kepala PT POS Unaaha, Asosiasi Camat dan para kepala Desa Se-Kabupaten Konawe.

Mengawali sambutan, Kepala Bulog Unaaha Muh.Abdan Djarmin menyampaikan, penyaluran bantuan pangan atas kerjasama antara Pemerintah Daerah Konawe dengan Bulog Unaaha sebagai penyedia beras dan PT. Pos Indonesia sebagai transporter.

Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Konawe sebanyak 22.550 yang tersebar di 28 Kecamatan se-Kabupaten Konawe.

“Setiap KPM akan menerima bantuan beras sebesar 10 kg selama tiga bulan terhitung April hingga Juni,” katanya.

Lebih lanjut, kata Muh. Abdan Djarmin, Adapun beras yang disalurkan merupakan hasil panen dari petani di Konawe serta telah dilakukan pengujian kualitas, sehingga layak untuk disalurkan.

“Jumlah beras yang disalurkan ke KPM secara keseluruhan sebanyak 225.500 kg. Ijin pak Bupati, semua beras yang akan kami salurkan nanti adalah murni beras dari Konawe,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengagungkan, penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) bertujuan untuk mengantisipasi kekurangan pangan yang bisa berdampak terjadinya krisis pangan dan gizi pada masyarakat.

Baca Juga :  Soal Jalan Rusak Mataiwoi-Abuki, Begini Penjelasan Kadis PUPR Provinsi Sultra Pahri Yamsul

Dengan adanya program ini, Bupati dua periode tersebut sangat mengapresiasi Pemerintahan Presiden Joko widodo yang telah banyak menghadirkan program-program bantuan bagi masyarakat yang tidak mampu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

” Saya memberikan apresiasi pada presiden Joko Widodo, yang telah banyak memberikan bantuan pada masyarakat ” ujarnya.

Diketahui kegiatan lounching hari ini bersamaan dengan penyaluran beras 10 KG/KPM secara serentak di 28 Kecamatan se-kabupaten Konawe hingga dengan tanggal 18 April 2023.

SN