Kisah Inspiratif Mahasiswa Disabilitas Asal Buteng Raih Gelar Sarjana

waktu baca 2 menit
La Siu, mahasiswa penyandang disabilitas asal Buton Tengah yang berkuliah di UHO (Foto. Istimewa)

sultranews.net – Menyandang gelar sarjana dan lulus kuliah dari sebuah universitas ternama, adalah impian besar bagi setiap orang.

Tidak lain halnya seperti seorang pemuda bernama La Siu, asal Desa Wakeakea, Kecamatan GU, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara.

la Siu merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Perikanan, Universitas Haluoleo (UHO) di Kota Kendari.

Dari ratusan mahasiswa, La Siu satu-satunya pemuda dengan kondisi disabilitas yang berkuliah di Universitas dengan julukan kampus hijau itu.

Berasal dari kalangan keluarga kurang mampu, ditambah lagi dengan kondisi disabilitasnya, bukanlah halangan dan mematahkan semangatnya untuk menjadi seorang sarjana.

Selama kuliah, pemuda kelahiran 1997 ini tinggal disebuah kos-kosan sederhana di Lorong Olala, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu.

Setiap hari, La Siu menggunakan tongkat ketiak kruk untuk membantunya berjalan kaki ke tempatnya berkuliah.

Putera dari pasangan La Husen yang merupakan anak ketiga dari lima bersaudara ini, memulai pendidikannya sebagai mahasiswa Fakultas Perikanan di Universitas Haluoleo pada tahun 2015.

Berbekal semangat dan doa orang tuanya, La Siu, tetap gigih menjalani masa pendidikannya sebagai mahasiswa di UHO.

“Saya kuliah ini agar bisa mendapat ilmu yang bermanfaat, dan semoga dengan selesai kuliahku ini saya bisa membanggakan dan membahagiakan keluarga saya,” kata La Siu saat ditemui Sultra News, Rabu (8/1/2020).

Setelah melalui proses yang panjang, tepat pada 6 Januari 2020, La Siu akhirnya berhasil menyelesaikan skripsi dan mengikuti prosesi yudisium.

Bahagia bercampur haru dirasakan oleh La Siu, perjuangannya berbuah manis gelar sarjana telah diraihnya.

“Karna penyandang disabilitas juga bisa meraih sukses, dan bukan sebagai alasan untuk kita berdiam diri saja,” ucap La Siu.

Laporan. Shun Wa Ode
Editor. Wayan Sukanta