EkonomiKonawe

Pemprov Sultra Kucurkan Rp144,99 Miliar Bangun Jalan Pariwisata Toronipa

sultranews.net – Pemerintah Provinsi (Pemprov), Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini tengah fokus mengembangkan sektor pariwisata dengan perbaikan jalan sepanjang 2,1 kilometer, di Toronipa.

Proyek jalan pariwisata ini segera dikerjakan dan dituntaskan dalam waktu dekat yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Pelaksana tugas (PLT), Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim, mengatakan proyek jalan pariwisata ini telah ditandatangani kontrak kerja sama dengan Bina Marga dan PTT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk.

“Tahap awal 4 bulan ditergetkan pekerjaan selesai. Dalam waktu dekat, pekerjaan tersebut akan seger dimulai. Kontrak pun telah ditandatangani dengan PT PP dengan total anggaran Rp144,99 miliar dengan total panjang jalan yang akan dikerjakan 2,1 kilometer,” ujar Rahim saat ditemui sejimlah awak media, kemarin (2/9/2019).

Rahim menambahkan, rencananya ukuran lebar jalan pariwisata Kendari-Toronipa, 40 meter (m) dan setiap sisinya masing-masing 20 m.

“Semua itu demi masyarakat Sultra. Terlebih ini kaitannya dengan pembangunan pariwisata yang terintegrasi,” katanya.

Pada Pengerjaan jalan pariwisata, pemerintah akan melakukan pembebasan lahan warga dan telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Di Kendari dan Konawe sudah sosilisasi terkait dengan pembangunan ini. Pembebasan tahap awal pemerintah menyediakan anggaran Rp 30 miliar. Dana tersebut diperuntukan secara maksimalĀ  untuk melakukan pembebasan,” tutur Rahim.

Liputan. Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id