EkonomiKonawe

Puluhan Rumah di Desa Rawua Terima Bantuan Atap Seng

sultranews.net – Sebanyak 66 rumah di Desa Rawua, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), akhirnya bisa menikmati program sengnisasi atau bantuan atap seng dari anggaran Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN tahun 2019.

Kepala Desa (Kades) Rawua, mengatakan program sengnisasi itu berdasarkan hasil musyawarah desa bersama masyarakat, terkait kegiatan apa yang akan dilakukan pada tahun 2019 ini. Sehingga dengan adanya program sengnisasi maka sangat membantu masyarakat utamanya yang rumahnya masih memakai atap rumbia.

“Alhamdulillah tahun ini kami programkan sengnisasi, sesuai hasil musyawarah bersama masyarakat. Saat ini sudah sementara berjalan,” kata Masaruddin kepada Sultra News.

Selain sengnisasi, juga ada pemasangan 1 buah lampu jalan tenaga surya. Pembayaran insentif pengurus posiandu sebanyak 5 orang dengan besaran anggaran Rp 10 juta rupiah. Dan penyertaan modal bumdes sebesar Rp 140 juta pada tahap tiga.

Salah satu warga yang mendapat bantuan atap seng di Desa Rawua, Kecamatan Uepai, Konawe.

“Program sengnisasi sebanyak 66 rumah ini dilakukan tiga kali tahap. Tahap pertama sebanyak 13 rumah, tahap kedua 30 rumah, dan tahap tiga sebanyak 23 rumah,” jelasnya.

Masaruddin juga menjelaskan lebih jauh, bahwa untuk sengnisasi itu, dirinya tidak menyerahkan kepada warganya kalau pemilik rumah tersebut belum membongkar atapnya. Sebab menurut dia, jangan sampai pemerima seng tersebut menjualnya.

“Saya tidak serahkan dulu sengnya. Takutnya kalau saya sudah berikan tidak langsung dipasang, hingga menjualnya,” ungkapnya.

Liputan. Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id