Warganya Terdampak Banjir, Pj Bupati Harmin Ramba Gerak Cepat Serap Keluhan dan Berikan Bantuan

waktu baca 2 menit
Penjabat (Pj) Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M turun langsung memantau kondisi masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

KONAWE, Sultranews.co,id – Penjabat (Pj) Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M turun langsung memantau kondisi masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penyebab banjir tersebut berasal dari luapan air Sungai Baeni yang mengakibatkan beberapa desa di kecamatan tersebut harus mengungsi. Beberapa desa yang telah terendam banjir yakni Desa Baeni, Desa Konggamea dan Desa Anggalomoare.

Saat tiba di lokasi, Harmin Ramba beserta rombongan forkopimda lalu menuju Mesjid Istiqomah di Desa Konggamea yang menjadi posko pengungsian masyarakat terdampak banjir.

Salah satu warga (terdampak banjir) mengeluh agar segera diberikan bantuan air bersih, makanan, dan juga pakaian. “Pak pakaian anak bayi juga pak Bupati, bajunya anaku semua terbawa banjir, air bersih juga pak,” kata warga terdampak banjir.

Mendengar keluhan warga, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba langsung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiapkan tandon air bersih serta menyiapkan dapur umum dilokasi posko.

“Nanti siapkan tandon air untuk warga,” ujar Harmin Ramba di lokasi pengungsian.

Selain itu, dirinya juga memerintahkan kepala OPD yang turut hadir untuk membagi tugas menyalurkan makanan kepada puluhan warga terdampak banjir.

Penjabat (Pj) Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M turun langsung memantau kondisi masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Untuk sebentar siang pak Kadis PK siapkan 100 bungkus makanan, sebentar malam Kadis Pertanian 100 bungkus, besok siang BPKAD 100 bungkus, mana PU malamnya besok. Jadi untuk makanan akan di siapkan oleh Pemda. Tempat tidur akan invetarisir, ” jelasnya.

Kepala Kesbangpol Sultra ini juga tak lupa mengucapkan selamat menyambut bulan Suci Ramadhan dan tetap sabar.

Baca Juga :  25 Kepala Keluarga Kurang Mampu, Dapat Bantuan Semen dari Polres dan Pemab Konawe

Ia mengungkapkan bahwa bencana banjir yang terjadi adalah ujian dari Allah SWT. “Jadi, semua yang terjadi ada hikmah dibalik itu,” ungkapnya.

Pj Bupati Konawe juga menghimbau kepada masyarakat dalam menyikapi cuaca ekstrim ini untuk lebih waspada.

“Begitu terjadi hujan keras cepat melapor kepada aparat atau pemerintah setempat, atau langsung kepada kami insya Allah kita akan lakukan bantuan secepatnya,” pungkasnya.

Diketahui, mulai Jumat malam (08/3) lalu, kepala Puskesmas Sampara siaga di lokasi pengungsian dengan memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat terdampak banjir.

Dalam peninjauan lokasi bencana banjir, turut hadir Sekda Konawe Ferdinand Sapan, unsur forkopimda, Kapolsek Sampara Ipda Kasibun, Danramil 1417 -07 Sampara, Camat Sampara Muhsin dan Kepala Desa Konggamea, Kepala Desa Baeni dan Kepala Desa Anggalomoare.

SN