EkonomiKonawe Selatan

17 Ribu KK di Konsel Bakal Terima BST dari Kemensos

Konawe Selatan – 17 ribu Kepala Keluarga di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), bakal menerima Program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Bupati Konsel Surunudin Dangga, menurutnya, 17 ribu KK bakal menerima BST sesuai Keputusan Mensos No 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai Dalam Penanganan Dampak Covid-19.

Bantuan tersebut diberikan setelah melalui proses verifikasi di Kementerian Sosial. Untuk itu, kata Surunudin, setiap warga yang sudah terverifikasi terdampak Covid-19 bakal mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu per keluarga per bulan.

Advertisement

“Yang kita usulkan, Alhamdulillah disetujui Pak Menteri,” jelas Bupati Konsel Surunuddin Dangga di kantornya, Jumat ( 8/5/2020).

Surunuddin menyebutkan pihaknya tengah menunggu data clear hasil Verifikasi Kemensos terkait data warga Konsel yang menerima sesuai dengan data yang telah diajukan dalam DTKS.

“Penyalurannya itu langsung, lewat kantor Pos juga Himpunan Bank Negara yang ada,” ungkapnya.

BST tersebut, sambungnya, diperuntukkan kepada masyarakat yang bukan termasuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH), BLT Dana Desa, kartu sembako, dan program-program bantuan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Konsel, Surdin, menyebutkan data yang telah diterima pihaknya dari kemensos totalnya 16.192 KK dengan rincian penyaluran BST oleh PT. pos 14.878 KK, Bank BRI 1.144 KK, Bank BNI 169 KK.

“Sisa sekitar seribu KK yang masih kami tunggu prosesnya oleh Kemensos. Segera kita akan kirim data ini ke Kecamatan agar disampaikan kepada warganya masing-masing,” tutupnya. (C)

Laporan: Muhammad Abdillah(AD)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id