EkonomiKonawe Selatan

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Bupati Konsel Bentuk TPAKD

sultranews.net – Pemerintah Daerah (Pemda), Konawe Selatan, membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Jumat (27/12/2019).

Sekda Konsel, Syarif Sajang ditunjuk secara resmi sebagai ketua TPAKD oleh Bupati Konsel, Surunudin Dangga yang dikukuhkan di Gedung Auditorium Bupati Konsel.

“TPAKD merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder untuk meningkatkan percepatan akses keuangan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat sejahtera,” ujar Surunudin.

Dia menjelaskan, TPAKD itu dibentuk bertujuan untuk mendorong Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam rangka meningkatkan peran pada pembangunan dan menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan.

“Dengan terbentuknya forum ini, LJK bisa berperan membangun ekonomi daerah, dan mampu mengoptimalkan potensi sumber dana, untuk perluas penyediaan pendanaan produktif bagi pengembangan UMKM,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sultra, Muh Fredly Nasution, berharap  terbentuknya TPAKD Konsel, dapat menjadi awal yang baik dalam meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam mendorong perekonomian Sultra, khususnya di wilayah Konsel.

“Forum ini dibentuk untuk mendukung pencapaian target inklusi keuangan sebesar 75% Tahun 2019. Sesuai amanat Perpres No 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusi (SNKI), Pemerintah, OJK, BI, Industri Jasa Keuangan dan stakeholders untuk mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia,” tutupnya.

Laporan. Muhammad Abdilah
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id