Kemenkominfo Gandeng Pemda Konawe Gelar Pelatihan DEA ke Pelaku UMKM

waktu baca 2 menit
Nampak peserta UMKM, saat berfose bersama Kemenkominfo dan Pemda Konawe. Foto: Ist

KONAWE – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) melalui Balai Kominfo Makassar, menggelar kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan digital atau digital enterpreneurship academy (DEA) disalah satu hotel di Unaaha, Senin (7/2/22).

Bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Konawe, kegiatan pelatihan ini dibagi dalam 4 batch atau 4 angkatan yang diikuti oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah UMKM yang berada dikabupaten konawe.

Muchlis Amin. ST. MT. kordinator pengembangan SDM Balai pengembangan sumber daya manusia kementrian komunikasi dan informatika dalam sambutannya mengatakan kegiatan pelatihan ini sebagai upaya mengembangkan SDM pelaku Umkm yang ada di kabupaten Konawe.

“Kegiatan ini nantinya akan menjawab tantangan digital marketing di era revolusi industri 4.0 hingga nantinya pelaku UMKM mampu melakukan pengelolaan keuangan, mendapatkan akses permodalan yang efisien dan berkualitas,” jelasnya

Ditempat yang sama Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa melalui sekretaris daerah Dr. Ferdinand Sapan, S.P., M.H, saat membuka kegiatan mengatakan, digitalisasi menjadi sangat penting di era 4.0. dimana semua orang bisa menjadi pengusaha dengan memanfaatkan teknologi secara positif.

“Digitalisasi marketing atau E-Commerce adalah tantangan bagi pelaku UMKM yang bila dikelola dengan baik akan menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi pelaku usaha yang mampu untuk berinovasi,” sebut Ferdi

Masih kata Sekda, dengan kegiatan yang melibatkan 640 peserta UMKM ini kita berharap output peserta akan mendorong angka pertumbuhan ekonomi kita dengan semangat kewirausahaan dibidang masing-masing.

“Kita berharap dengan pelatihan ini, pelaku UMKM di kabupaten konawe semakin pesat berkembang dan mampu menjadi motor penggerak perekonomian keluarga,” imbuhnya

Laporan: Jaspin