PT VDNI Bakal Bangun Politeknik Industri Bertaraf Internasional di Konawe Tahun ini

waktu baca 2 menit
Masterplan Politeknik Industri PT VDNI

Konawe – Kampus Politeknik Industri yang akan didirikan oleh perusahaan asal Tiongkok, PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) rencananya mulai beroperasi tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Prof. Yohanes Surya Ph.D selaku Penasihat Khusus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia usai menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam Rangka Persiapan SDM dan Pendirian Politeknik Pendukung Industri di Provinsi Sulawesi Tenggara di Kantor Bupati Konawe, Selasa (29/12/20).

“Tahun depan harus Politeknik ini beroperasi” ungkap pria yang dikenal sebagai Fisikawan Indonesia ini.

Selain itu, berdasarkan hasil rapat koordinasi meskipun kampus ini dibangun oleh PT. VDNI, namun dalam kepengurusan yayasan nantinya tidak terlepas dari peran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Daerah Konawe.

“Di (Pengurus) Yayasan, itu akan ada Gubernur dan Bupati jadi di Yayasan sebagai Ketua Dewan Pembinan dan Wakil Ketua Dewan Pembina sehingga dengan demikian peran pemerintah nyata didalam Politeknik ini karena yang mengarahkan ini nanti dewan pembina” ujarnya.

Pria yang juga pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI ini berharap Politeknik Industri bertaraf Internasional yang rencananya bakal didirikan di Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe ini berharap dapat menjadi wadah masyarakat dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

“Kita harapkan ini bisa menjadi tempat dimana berkembangnya SDM lokal untuk nanti akhirnya mensejahterakan masyarakat, orang lokal dididik secara internasional begitu sehingga dia bisa bekerja di Perusahaan Internasional” harapnya.

Rakor dan Peninjauan Lapangan dalam Rangka Persiapan SDM dan Pendirian Politeknik Pendukung Industri di Provinsi Sulawesi Tenggara ini merupakan upaya tindak lanjut pemetaan terhadap investasi Tiongkok di Provinsi Sulawesi Tenggara
khususnya dalam pengembangan industri logam terkait dengan rencana pembangunan smelter pada Kawasan Industri di Kabupaten Konawe khususnya persiapan sumber daya manusia (SDM) lokal berdaya saing dan terampil melalui revitalisasi kualitas pendidikan dan link and match kebutuhan industri dan bidang pendidikan tinggi dan vokasi.

Baca Juga :  Lagi, Proyek Rekon Jalan Mataiwoi-Abuki Amburadur, Aktivis Konawe Irfan Kecam Kontraktor CV Star One

Rapat Koordinasi ini di ikuti langsung oleh Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, dan PT. Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) yang selanjutnya melakukan agenda peninjauan rencana lokasi kampus du Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe. (SN)