Ribuan KPM di Dua Kecamatan Koltim Terima Bantuan Beras dari Pemda

waktu baca 2 menit
Bupati Koltim Abdul Azis saat menyerahkan bantuan beras kepada masyarakat Kecamatan Ueesi, Koltim. Foto Ist

KOLAKA TIMUR – Ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) yang terletak di Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi,
menerima bantuan Cadangan Pangan Pemerintah atau beras.

Penyaluran cadangan pangan pemerintah adalah bantuan pangan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka antisipasi, mitigasi, dan penanggulangan kekurangan pangan.

Camat Uluiwoi Jafar Arifin SKM menyampaikan, jumlah penerima bantuan ini di wilayahnya sebanyak 719 KPM, yang akan menerima bantuan berupa beras.

“Sementara untuk wilayah Ueesi ada 585 KPM yang menerima bantuan juga,” ujarnya.

Sementara itu Idarwaty Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Timur mengatakan penyaluran ini untuk mencegah terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi.

“Serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga,” tambahnya.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis menyampaikan, total KPM penerima bantuan ini di Kolaka Timur adalah 13.000 atau sebanyak 130 ton beras.

Azis juga menyampaikan pemerintah setempat dalam hal ini kepala desa dan lurah, harus mendata kembali keluarga yang sangat layak menerima bantuan ini, yang sampai saat ini belum terdata.

“Program pemerintah di daerah kita kayak ini, seperti hujan dulu yang rintik-rintik tapi bisa membasahi bumi artinya pembangunan dan bantuan itu, sedikit demi sedikit tapi jumlahnya akan menjadi banyak,” ujarnya.

Azis menekankan agar pemerintah setempat dapat terus mengupdate dan memverifikasi terus penerima bantuan ini, agar penerima itu benar-benar tepat sasaran.

Azis menjelaskan jika bantuan penyaluran cadangan pangan ini merupakan kerjasama seluruh pihak di daerah Kolaka Timur.

“Yang perlu kita tanamkan adalah persamaan dan persatuan, mudah-mudahan apa yang menjadi aspirasi kita, bisa diwujudkan dalam membangun Kabupaten Kolaka Timur yang kita cintai,” pungkasnya.

Penyaluran bantuan cadangan pangan ini diserahkan langsung oleh Plt, Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis sejak Minggu (30/4/2023) kemarin. Penyaluran Untuk Kecamatan Uluiwoi, berlangsung di Rujab Camat Uluiwoi di Kelurahan Sanggona. Sedangkan di Kecamatan Ueesi, berlangsung di Tribun kecamatan yang terletak di Desa Ueesi.

Baca Juga :  Buka Porseni Disemarak HUT Konawe, Harmin Ramba: Atmosfirnya Kegembiraan dan Silaturahmi

SN